Adsense Link 728 X 15;

Cara Mengatur Pengalihan Link Pada Blogger

Space Iklan Disini, silahkan Hubungi kami !

Belum lama ini Blogger telah meluncurkan fitur terbarunya pada blogspot yang sangat berguna baik untuk seo blog kita, Fitur itu adalah "Pengalihan ubah sesuaian". Pada dasarnya fitur ini merupakan rangkaian dari upaya blogger memberikan kemudahan bagi para pengunanya untuk memperbaiki link-link yang sudah hilang atau dihapus dari blog-nya. Karena saat kita menghapus sebuah posting blog kita yang sudah ter-indeks oleh mesin pencari, maka akan menghasilkan halaman 404 not found atau broken link pada link posting tersebut saat dirayapi robot maupun saat dijelajahi lewat browser. Perlu diketahui bahwa Broken link itu sangat tidak disukai oleh mesin pencari manapun. Memang terkadang kita tidak sadar jika ada broken link pada blog kita, karena memang tidak terlihat secara langsung. Oleh karena itu penting adanya untuk sering mengecek kesehatan blog kita di Webmaster google. Disana kita bisa melihat laporan dari broken link yang terlacak pada blog kita. Jika ternyata ada broken link yang terdeteksi maka segeralah memperbaikinya dengan cara yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Cara terbaik untuk memperbaiki broken link yang terdeteksi pada webmaster google adalah dengan menggunakan fitur "Pengalihan Ubah Sesuaian" yang bisa kita atur pada halaman Setelan blogger. Pertama - tama kunjungi Webmaster Google dan pilih blog anda. Klik pada "Kesehatan" => "Kesalahan Perayapan". Jika ada broken link yang terdeteksi oleh Google maka akan terlihat daftar dari broken link tersebut disana. Langkah selanjutnya adalah Login ke blogger => pilih "Setelan" => pilih tab "Preferensi Penelusuran" => Klik "edit" pada "Pengalihan Ubah Sesuaian" => klik "Pengalihan baru". Setelah itu anda tinggal mengisi kedua textbox yang ada. Pada textbox yang pertama isikan link yang terdapat pada laporan webmaster google tadi. Misalkan link-nya "http://bloganda.blogspot.com/2012/10/posting-dihapus.html", maka tuliskan tanpa nama blog anda seperti ini "/2012/10/posting-dihapus.html". Kemudian pada textbox yang kedua isikan link tujuan yang anda inginkan untuk mengalihkan broken link tadi. Misalkan disini saya ingin mengalihkannya ke halaman awal blog, maka isikan saja garis miring "/". Tapi jika anda ingin mengalihkannya ke posting lain, isikan saja url posting tersebut dan jangan lupa untuk menghilangkan nama blog anda pada url-nya. Kemudian centang pada pilihan permanen dan klik "simpan". Ulangi langkah ini untuk broken link lainnya. Jika sudah selesai klik "Simpan perubahan".

Jangan lupa untuk mengecek ulang broken link-nya apakah sudah teralihkan atau tidak. Caranya kunjungi saja url broken link-nya dengan browser anda, kemudian lihat apakah yang muncul adalah halaman pengalihan yang anda setting tadi atau malah halaman 404 blog anda. Setelah yakin linknya sudah teralihkan dengan benar, kembali ke Webmaster google dan tandai bahwa link tersebut sudah diperbaiki. Caranya pilih link yang dimaksud, kemudian klik pada tombol "Tandai sebagai telah diperbaiki". Atau jika anda sudah memperbaiki semua broken link yang ada, centang semuanya dan klik "Tandai sebagai telah diperbaiki". Jika muncul pertanyaan "Tandai kesalahan ini sudah diperbaiki?" klik "OK". Maka semua link tersebut akan hilang dari daftar.

Sekarang saatnya redirect broken link tersebut

  1. Jika sobat menggunakan tampilan blogger lama, silahkan menuju draft.blogger.com . Kecuali jika sobat sudah upgrade Blogger New interface
  2. Ke halaman Setting > Search preferences > Klik link edit di sebelah Custom Redirects
  3. Sobat masukkan link error kedalam kolom from ( cukup masukkan link yang saya warnai kuning sebagai contoh : /2011/12/kata-kata-ga.. )
  4. Terus masukkan juga link redirect / tujuan pada kolom to ( /2011/12/kata-kata-galau-terbaru.html )
  5. Klik link Save diikuti dengan tombol Save Changes

Redirect Broken Link Pada Blogger ini hanya di batasi 10 link. Jadi lakukan redirect untuk link yang mungkin sangat di butuhkan. OK selamat mencoba melakukan redirect broken link pada blog sobat.

Selain untuk mengalihkan broken link, masih banyak kegunaan lain dari fitur "Pengalihan Ubah Sesuaian" yang bisa kita manfaatkan. Diantaranya untuk memperpendek atau membuat shortcut (jalan pintas) ke url posting maupun halaman statis blog anda. Karena pada dasarnya url dari halaman posting maupun halaman statis selalu dengan format "http://blog-saya.blogspot.com/tahun/bulan/nama-posting.html" untuk halaman posting dan "http://blog-saya.blogspot.com/p/nama-halaman.html" untuk halaman statis, jadi jika kita ingin memperpendek url dengan menghilangkan "p/", "tahun/bulan/" dan ".html" tersebut kita bisa memanfaatkan fitur pengalihan ubah sesuaian pada blogger ini. Sebagai contoh saya ingin membuat mengalihkan link "http://blog-saya.blogspot.com/p/friend-link-dan-banner.html" agar bisa diakses dengan url "http://blog-saya.blogspot.com/my-friend" , maka saya hanya perlu membuat pengalihan baru pada Setelan blogger dengan url awal "/my-friend" dan url target "/p/friend-link-dan-banner.html". Jadi saat saya kunjungi url "http://blog-saya.blogspot.com/my-friend" maka akan langsung teralihkan ke "http://blog-saya.blogspot.com/p/friend-link-dan-banner.html". Dengan catatan cara ini hanya dapat mengalihkan url-nya saja dan bukan berarti merubah url aslinya. jadi url aslinya tetap bisa diakses langsung.

Sekian penjelasan saya mengenai cara Memanfaatkan fitur pengalihan ubah sesuaian pada blogger ini. Semoga bermanfaat bagi temen-temen semua.
Description: Cara Mengatur Pengalihan Link Pada Blogger Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Cara Mengatur Pengalihan Link Pada Blogger

4 comments:

Unknown said...

terimakasih banyak buat artikelnya sob, sangat membantu..

http://acemaxsshop.com/

bredmart said...

benar yang anda katakan. jika ingin ke halaman depan tinggal ketik / saja

Lampu Islami said...

Sangat membantu gan buat pemula kya Gw

http://allabouttembang.blogspot.co.id

Blogger said...

If you would like an alternative to casually flirting with girls and trying to figure out the right thing to do...

If you would prefer to have women chase YOU, instead of spending your nights prowling around in filthy pubs and nightclubs...

Then I encourage you to watch this short video to unveil a strong secret that might get you your very own harem of beautiful women:

FACEBOOK SEDUCTION SYSTEM!!!

Post a Comment