Adsense Link 728 X 15;

Hal-Hal Yang Memnyebabkan Puasa Batal

Space Iklan Disini, silahkan Hubungi kami !

Hal yang membatalkan Puasa, Mungkin selama ini anda tidak mengetahuinya atau lupa apa saja yang membuat puasa itu menjadi batal. Puasa bisa batal sebenarnya dari berbagai macam perbuatan dan tutur kata kita sehari hari selama kita berpuasa. Nah, untuk itu disini  akan sedikit memberikan beberapa Hal Yang Membuat Puasa Batal dan bisa disebut menjalankan puasa tapi tidak dapat pahala puasanya karena puasa tersebut batal.




Berikut beberapa infomrmasi untuk anda yang sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1433 H di tahun 2012 ini tentang Hal yang membuat puasa batal yang sebelumnya kami juga pernah membahas tentang Ucapan Selamat Berpuasa :

1. Makan dan Minum Dengan Sengaja

Hal ini merupakan pembatal puasa berdasarkan kesepakatan para ulama. Makan dan minum yang dimaksudkan adalah dengan memasukkan apa saja ke dalam tubuh melalui mulut, baik yang dimasukkan adalah sesuatu yang bermanfaat (seperti roti dan makanan lainnya), sesuatu yang membahayakan atau diharamkan (seperti khomr dan rokok), atau sesuatu yang tidak ada nilai manfaat atau bahaya (seperti potongan kayu. Dalilnya adalah firman Allah Ta’ala,


2. Muntah Dengan Sengaja

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang dipaksa muntah sedangkan dia dalam keadaan puasa, maka tidak ada qodho’ baginya. Namun apabila dia muntah (dengan sengaja), maka wajib baginya membayar qodho’.



3. Haidh dan Nifas

Apabila seorang wanita mengalami haidh atau nifas di tengah-tengah berpuasa baik di awal atau akhir hari puasa, puasanya batal. Apabila dia tetap berpuasa, puasanya tidaklah sah. Ibnu Taimiyah mengatakan, “Keluarnya darah haidh dan nifas membatalkan puasa berdasarkan kesepakatan para ulama.”


4. Keluarnya Mani Dengan Sengaja

Artinya mani tersebut dikeluarkan dengan sengaja tanpa hubungan jima’ seperti mengeluarkan mani dengan tangan, dengan cara menggesek-gesek kemaluannya pada perut atau paha, dengan cara disentuh atau dicium. Hal ini menyebabkan puasanya batal dan wajib mengqodho’, tanpa menunaikan kafaroh. Inilah pendapat ulama Hanafiyah, Syafi’iyah dan Hanabilah. Dalil hal ini adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,


5. Berniat Membatalkan Puasa

Jika seseorang berniat membatalkan puasa sedangkan ia dalam keadaan berpuasa. Jika telah bertekad bulat dengan sengaja untuk membatalkan puasa dan dalam keadaan ingat sedang berpuasa, maka puasanya batal, walaupun ketika itu ia tidak makan dan minum. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

6. Jima (bersetubuh) Di Siang Hari

Berjima’ dengan pasangan di siang hari bulan Ramadhan membatalkan puasa, wajib mengqodho’ dan menunaikan kafaroh. Ini yang harus anda perhatikan.


Itulah informasi seputar beberapa Hal Yang Membuat Puasa Batal Tidak Syah dan tidak dapat pahala. Puasa Bisa batal walau kita tak sadar dan mengetahuinya.Semoga informasi tersebut bermanfaat, dan selamat menjalankan ibadah puasa.

Description: Hal-Hal Yang Memnyebabkan Puasa Batal Rating: 3.5 Reviewer: Gopar Bastian ItemReviewed: Hal-Hal Yang Memnyebabkan Puasa Batal

7 comments:

Ilham Bachtiar said...

dah bolong satu nih sob, semoga seterusnya lancar

Arif Chasan said...

hmm.. kalo ngemil kuaci sambil nunggu magrib batal gak ya? :3

Dwiky Reynaldi said...

wah betul nih mas hehehe, mampir dong ke blog
saya :D

budi os 19 said...

Trima kasih sob share info nya..poin no 6 kira nya hrs kita hindari bgt2 ya sob.. :)

yusrandante said...

puasa memang butuh perjuangan keras...

semangat ...

Ananda-7 said...

gimana gak batal, semuanya disengaja... wakakakakak..

rinda septiani said...

ternyta banyak jg ya

Post a Comment